Pengalaman Susahnya Menginstal Modem Telkomsel 4G Advance DT100

rniwanda.blogspot.co.id - Ini modem sebenernya milik bos di tempat saya bekerja, kronologinya seperti ini. Pertama laptopnya lemot saat membuka gmail, dan modem tersebut masih berfungsi dengan baik serta terkoneksi dengan internet. Untuk mengecek apa penyebab koneksi internet dari modem tersebut yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Modem Telkosem 4G DT100 *Google
Pertama Menggunakan CMD
Pengetesan pertama yaitu menggunakan CMD dimana saya akan melakukan tes koneksi ke google dengan metote ping ke 8.8.8.8. Disitu tampak kecepatan akses ke DNS google tersebut jika time nya kurang dari 100 maka akses internet cukup stabil.

Kedua Menggunakan Resmon
Disini saya menggunakan fitur bawaan windows 7 yaitu resmon sebagai pengecek apakah ada aplikasi yang memakai jaringan internet dengan proses background. Ternyata ada setelah saya amati ada beberapa service yang sangat menyedot koneksi internet diantaranya BITS dan Windows Update. Untuk penanganannya saya mematikan sebagian service yang tidak begitu diperlukan. Dan benar saja, koneksi internet kembali cepat dan stabil seperti semula. 

Masalah Timbul
Ini merupakan inti dari artikel ini karena baru di paragraf inilah masalah ditemukan yaitu, ketika modek tidak datap terdeteksi oleh laptop. Saya mengira karena tadinya saya menonaktifkan beberapa service kemungkinan ada service yang saya salah stop/nonaktifkan. Maka untuk mengatasi itu saya mencoba menggunakan system resotre.

Modem sama sekali tidak terdeteksi baik saat aplikasi dijalankan maupun pada explore yang biasanya langsung ada semacam flasdisk dan didalamnya ada file untuk instalasi driver modem. 

System restore berjalan sangat lama, bahkan laptop sampai saya bawa pulang. Dikarenakan saya merestore pada status windows critical update. Akhirnya selesai juga system restorenya dan hasilnya sangat mengecewakan karena modem juga tidak dapat terdeteksi.

Ternyata saya memulai langkah yang kurang tepat, saya tidak mengecek terlebih dahulu mengenai status driver modem di Device Manager. Ternyata benar dugaan saya driver modem ada yang tidak terupdate dengan ditandai oleh tanda seru.

Driver Modem Telkomsel 4G DT 100 *dok

Memulai Proses Update pertama saya mencari di google karena tidak ada CD bawaan pada kotak modem tersebut. Dari sini menjadi pelajarang bahwa menyimpan driver modem sangat penting bagi saya. Banyak driver modem DT100 yang muncul pada halaman search goolge namun saya berakhir pada halaman websiter dibawah ini :

Driver Modem Telkomsel 4G DT 100 *dok

  1. PRODJO.BLOGSPOT.COM
  2. DRIVER IDENTIFIER
  3. DRIVER PACK

Untuk tahapannya saya kira sudah sangat jelas, yaitu pertama ikuti artikel dari prodjo.blogspot.com, kedua update driver menggunakan driver identifier dan ketiga coba update lagi driver modem DT 100 menggunakan driverpack versi online nya.

Driver Modem Telkomsel 4G DT 100 *dok

Driver Modem Telkomsel 4G DT 100 *dok

Jika update otomatis menggunakan aplikasi di atas juga tidak bisa, silahkan update manual pada Device Manager dengan metoda klik kanan driver bermasalah dan update terus tentukan folder driver yang anda dapat. 

Berhasil Format Modem Telkomsel 4G DT 100 *dok

Selama mengikuti 3 langkah di atas, saya berhasil menginstal driver modem DT 100 dan bisa dipakai serta terkoneksi ke internet dengan konektivitas 4G.


Kunjungi terus rnirwanda.blogspot.co.id untuk Software terbaru dan berbagai macam trik dan tips seputar dunia komputer, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

0 Response to "Pengalaman Susahnya Menginstal Modem Telkomsel 4G Advance DT100"

Post a Comment

Komentar anda merupakan suatu masukan atau pendapat bagi saya, untuk bisa mengembangkan berbabagaimacam yang baik serta berkualitas. Trimakasih Gan.... :D