Masalah Touchpad Lenovo Ideapad 320

rniwanda.blogspot.co.id - Suatu ketia ada user yang menginkan laptopnya diinstal ke windows 10 yang sebelumnya sudah tersintal di windows 8.1. Laptopnya Lenovo Ideapad 320, setelah saya instal windows 10 kemudian user meminta untuk kembali lagi ke windows 8.1. 

Ada beberapa kendala dan masalah yang saya temukan saat proses instalasi dari mulai instal ke windows 7 dan windows 10 hingga akhirnya kembali lagi ke windows 8.1. Disini saya akan share mengenai masalah tersebut. 
Lenovo Ideapad 320 *www.coolblue.nl

Lenovo Ideapad 320 Install Windows 7
User seberanya ingin laptopnya diinstal ke windows 7 dan langsung saya eksekusi, untuk booting menggunakan tombol F12/F2 untuk masuk ke bios dan set ke Boot Drivenya. Setelah masuk ke menu utama untuk instalasi langsung terlihat kendala tersebut. Yaitu kursor mouse tidak tampak dan hanya bisa menggunakan keyboard saja. Hingga proses instalasi selesai saya masih menggunakan keyboard sebagai eksekusi perintah yang ada hingga instal driver. Namun setelah semua hal tersebut dilaksakan tetap masalah touchpad tidak terpecahkan. Ini dikarekana Lenovo Ideapad 320 tidak support Windows 7.

Lenovo Ideapad 320 Install Windows 10
Lanjut saja saya langsung instal ke windows 10 dan prosesnya kurang lebih sama yaitu saya hanya menggukana keyboard saja, disini saya mencoba menggunakan usb mouse dan ternyata kursor bisa digerakkan. Setelah selesai menginstal diriver masih juga kursor tidak bisa digerakkan. Dan akhirnya masalah terpecahkan dengan menginstal driver yang ada di beberapa situs. Seperti yang saya jelaskan di halaman Cursor Mouse tidak bisa digunakan saat instal ulang Win 7 di Lenovo 320.

Lenovo Ideapad 320 Install Windows 8 Pro
Kendala yang sama juga dengan windows 7 dan windows 10, namun perbedaannya dengan windows 7, di windows 8 Pro Driver grafisnya sudah otomatis terinstal sehingga tampilan sudah bagus, masalah utamanya tetap touchpadnya walaupun saya sudah mengikuti cara pada saat Lenovo Ideapad 320 Install Windows 10. dan rencana saya akan menginstak ke windows 8.1.

Lenovo Ideapad 320 Install Windows 8.1
Masih proses....

Baru sempat nulis lanjutannya. Hasilnya saya lupa, tapi seingat saya laptopnya sudah saya berikan ke user dengan kondisi yang baik. Berarti proses instalasinya berhasil.

Kunjungi terus rnirwanda.blogspot.co.id untuk Software terbaru dan berbagai macam trik dan tips seputar dunia komputer, semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

7 Responses to "Masalah Touchpad Lenovo Ideapad 320"

  1. Wah, udah lama proses instal win 7 dan udah habis data internet banyak buat update berharap masalahnya ter fix

    eh ternyata emang ideaped 320 kurang support win 7

    ReplyDelete
  2. masnya kok susah yah udah proses mau istall windows 7 giliran hddnya tidak dikena padalah kalau repair ada semua drive c, d nya gmn yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba ganti instalernya? apa sekarang sudah bisa?

      Delete
  3. Bisa apa tidak sih win 7 diinstall di lenovo ideapad 320?, bungung😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai yang ini gan Lenovo Ideapad 320 Install Windows 8.1

      Delete
  4. bisa minta link driver toucpadnya win 10 sdah sy update total ttep ga mau.trimksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya lupa linknya gan. saya juga cari cari di google.

      Delete

Komentar anda merupakan suatu masukan atau pendapat bagi saya, untuk bisa mengembangkan berbabagaimacam yang baik serta berkualitas. Trimakasih Gan.... :D