Budidaya Ikan Cupang/Aduan/Betta sp

rnirwanda.blogspot.com - spesial edisi hoby. 
Tahun 2012 saya sudah mulai Budidaya Ikan Cupang atau lebih dikenalnya Ikan Aduan dengan Nama Latin Betta Sp Dan sekarang saya akan menejelaskan langkah langkah pemijahannya. Sebelum ke intinya saya ingin menjelaskan beberapa hal seputar ikan cupang di Sekilas tentang ikan cupang.

Adapun langkah - langkah pemijahan yang telah saya lakukan adalah sebagai berikut :

  • Siapkan Induk Jantan di wadah pemijahan
  • Siapkan Induk Betina di wadah kecil (toples) / diluar wadah pemijahan



  • Di tempat yang berbeda indukan di perkenalkan atau dengan istilah di jodohkan terlebih dahulu, sebaiknya     dilakukan pada pagi hari jam 06.00 am.
  • Pukul 06.00 pm sore harinya masukkan induk betina ke wadah pemijahan yang sebelumnya sudah ada /       ditunggu oleh pejantannya, Biasanya Buih sudah terkumpul di atas permukaan air, dimana buih tersebut         merupakan tempat telur / calon burayak ikan cupang.



  • Biasanya proses perkawinan terjadi pada suhu sejuk atau di pagi hari, dalam proses pemijahan yang saya     lakukan sering terjadi pada pukul 06.00 am - 08.00 am.



  • Bila proses perkawinan berhasil dan telur sudah menempel di buih buih yang telah disiapkan oleh pejantan, maka induk betina sudah bisa di angkat pada pukul 12.00 am, ini dilakukan untuk menghindari perkelahian antara indukan yang dapat menyebabkan telur berjatuhan ke dasar wadah dan tingkat keberhasilan dalam penetasan menjadi berkurang.


Keesokan harinya telur sudah menetas dan menjadi burayak, namun burayak tersebut masih belum kuat untuk berenang sehingga masih membutuhkan bantuan pejantan merawatnya (biasayan pejantan mengangkat burayak yang jatuh dengan cara menaruhnya didalam mulut kemudian memuntahkannya di permukaan wadah.



  • Untuk 5 hari pertama burayak tidak perlu diberi makan, karena masih mempunyai cadangan makanan. Tapi sang pejantan sudah bisa dipisahkan untuk menghindari kanibalisme.
  • Hari ke 6 sampai dua minggu pertama berikan pakan burayak berupa kutu air atau micro worm dan sejenisnya.

Demikian proses singkat pemijahan pada ikan cupang (Betta Sp), sumber ini saya dapatkan dengan melakukan proses pemijahan yang saya lakukan sendiri di rumah guna mendapatkan hasil nyata sesuai dengan yang ada dilapangan. Mohon maaf bila ada Kata atau Penulisan yang kurang berkenan bagi sobat blogger semua. Terima kasih atas kunjungannya di Blog saya.

rnirwanda.blogspot.com - spesial edisi hoby. 

0 Response to "Budidaya Ikan Cupang/Aduan/Betta sp"

Post a Comment

Komentar anda merupakan suatu masukan atau pendapat bagi saya, untuk bisa mengembangkan berbabagaimacam yang baik serta berkualitas. Trimakasih Gan.... :D